Dalam pelatihan SAR kali ini para peserta diberikan beberapa keterampilan yaitu : Navigasi,refling, memanjat dan beberapa hal yang berkaitan penanganan medis bagi korban. Selain itu para peserta diberikan wawasan tentang pentingnya SAR Hidayatullah sebagai kegiatan alternatif utama dalam menjalankan peran sebagai pemuda Islam yang peduli terhadap saudara sesama muslim,terutama yang terkena musibah.
Keperihatinan inilah yang melatarbelakangi terbentuknya SAR Hidayatullah secara Nasional termasuk dikota
pendidikan Malang. Demi mewujudkan kepedulian terhadap bencana yang melanda negeri ini, SAR Hidayatullah cabang Malang melakukan training sekligus pelatihan SAR yang dilaksanakan bertepatan dengan liburan siswa semester Ganjil kemarin. Pelatihan ini diikuti oleh 15 delegasi siswa  dari SMA AR ROHMAH, meskipun pelatihan ini telah mengurangi jatah pulang para siswa namun para peserta tidak merasa terganggu bahkan mereka senang dapat mengikuti pelatihan SAR.
Demi menunjukkan keseriusannya panitia pelatihan sengaja mendatangkan pelatih SAR Nasional Hidayatullah, agar para peserta termotivasi dalam mengikuti pelatihan. Para pelatih tersebut juga aktifis SAR aktif yang mendapatkan lesensi langsung dari BASARNAS, jadi kepiawaian mereka tidak diragukan lagi, menurut para pelatih yang berhasil kami wawancarai mereka para pelatih telah terjun berbulan-bulan di Aceh saat Tsunami melanda Aceh, korban gunung Merapi di Yogyakarta, banjir Bandeng Jember dan beberapa daerah yang terkena bencana lainnya.
Salah seorang Peserta Uji Nyali turun dari ketinggian 

Terus Berjuang jangan Menyerah

Inilah Tim SAR Hidayatullah Malang